AKSI NYATA MODUL 3.3. : PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
AKSI NYATA MODUL 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM YANG
BERDAMPAK PADA MURID
Oleh : AKHMAD ASYARI, S.Pd
CGP. ANGKATAN 4, KAB. LOMBOK TIMUR
NAMA PROGRAM : MEWUJUDKAN BUDAYA SADAR DAN PEDULI LINGKUNGAN MELALUI GREEN SCHOOL DAN PROJECT PENGUATAN PROFIL PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 2 SELONG
1. LATAR BELAKANG
Sekolah, sebagai tempat belajar, tidak saja perlu mendukung
berlangsungnya proses belajar dan mengajar yang baik, namun juga diharapkan
memiliki lingkungan bersih dan sehat
serta mampu membentuk siswa yang memiliki derajat kesehatan yang lebih baik.
Lingkungan yang sehat dalam sekolah tentu akan sangat mendukung pencapaian
terciptanya generasi yang hebat yaitu generasi yang
cerdas, sehat dan berkualitas.
Mewujudkan generasi hebat tersebut tentu tidaklah mudah,
perlu langkah-langkah yang tepat yang diambil dengan melibatkan sekolah,
guru, siswa, dan orang tua/masyarakat.
Sekolah diharapkan
mampu menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada siswa, agar siswa mampu
menjaga lingkungan dan memanfaatkan lingkungan dengan baik
Capaian, Langkah-langkah dan hasil yang diharapkan untuk
tiap tujuan.
Untuk mencapai tujuan green school, ada beberapa langkah
yang akan dilaksanakan :
- Diawali
dengan identifikasi dan observasi terkait kondisi dan program serta
kegiatan siswa yang dapat menunjang program tersebut
- Kebijakan
berwawasan lingkungan seperti : memasukkan visi dan misi yang peduli
lingkungan terhadap sekolah,
- Pelaksanaan
kurikulum berbasis lingkungan. : 1)
mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup pada semua mata pelajaran.
- Kegiatan
lingkungan berbasis partisipatif : 1) memanfaatkan lahan dan fasilitas
sekolah sesuai kaidah-kaidah perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
seperti adanya taman sekolah, apotek hidup, green house, pengolahan sampah
yang baik
- Pengelolaan
sarana pendukung ramah lingkungan. 1) pengadaan kantin yang merupakan
kantin serbaguna dan pusat pendidikan karakter.
2. PELAKSANAAN KEGIATAN
• Program Green
School di SMA Negeri 2 Selong telah dilaksanakan dengan hasil yang
cukup memuaskan.
• Pertama yang dilakukan adalah sosialisasi
terhadap bapak/ibu guru dan karyawan, murid serta orangtua/wali murid, kemudian
mempersiapkan program dan lahan sebagai tempat praktik. Siswa memanfaatkan
barang bekas untuk dijadikan pot kreativitas. Bapak/ibu guru dan karyawan
bekerjasama menyiapkan bahan dan bimbingan .
• Adapun
langkah-langkah dalam mewujudkan konsep " Green School" ini yaitu
dengan penanaman pepohonan hijau di pinggir lapangan, penanaman tanaman hias
daun ke dalam pot besar dan berbagai jenis bunga ke dalam pot-pot kecil di
letakan di depan kelas masing-masing. Membuat taman sekolah di halaman depan
sekolah, taman hias sekolah selain untuk penghijauan taman tersebut juga
berfungsi sebagai estetika memperindah sekolah. Penanaman tanaman herbal maupun
sayuran dengan memanfaatkan lahan sekolah yang tidak terpakai. Pengelolaan dan
pengelompokan sampah menjadi sampah organik dan anorganik di letakkan pada
tiap-tiap tempat seperti di depan ruangan kelas, di ruang staf guru, kantin dan
lain-lain.
• Sasaran
Kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas X yang akan melaksanakan kurikulum
merdeka sebagai bagian dari Project Profil Pelajar Pancasila
• Program
ini akan dilaksanakan setiap hari Sabtu karena pembelajaran pada hari Sabtu
tidak dilaksanakan khusus sebagai waktu praktik dan pelaksanaan Project PPP
3. FEELING ( PERASAAN)
Saya merasa Bangga
dengan apa yang Murid lakukan karena mereka sudah mampu mengembangkan
Kreatifitasnya dan memiliki tanggungjawab dari Program / Proyek yang mereka
buat. karakter Profil Pelajar Pancasila yang muncul dalam Proyek ini adalah
Kemandirian, Gotong-Royong & Kreatif.
4. FINDING ( PEMBELAJARAN )
Membuat murid memiliki
Kepemimpinan dalam proses belajarnya & Memunculkan Komponen Profil pelajar
pancasila dalam diri murid merupakan Pembelajaran yang berharga untuk saya
sebagai seorang pemimpin pembelajaran. hubungan kemitraan antara guru &
murid menjadikan proses pembelajran ini lebih bermakna, karena murid mampu
mengembangkan kreatifitas dan tanggungjawabnya dalam program ini.
5. FUTURE ( PENERAPAN KE DEPAN )
Dalam penerapan
kedepan, saya akan mencoba menjalankan program ini secara Konsisten dan
keberlanjutan, serta menerapkanya di kelas yang lain dengan terus berkolaborasi
bersama seluruh warga sekolah. hasil dari program ini nantinya akan
dipublikasikan dalam pameran karya disekolah.

.jpeg)




Komentar
Posting Komentar